Dewi Adikara’s Studio

Make Up Your Produk or Service at Dewi Adikara’s Studio! Dapatkan kepercayaan dari customer dengan produk kita yang terjamin kualitas dan mutunya

Sumber : Dewitri Indonesia – DETRINDO

DETRINDO berkunjung ke SAMSAT Krian, Sidoarjo sharing Sahabat SIGNAL (Samsat Digital Nasional) – Hari ini salah satu tim dari DETRINDO berkunjung ke SAMSAT daerah krian – sidoarjo bertemu dengan pegawai SAMSAT bernama Bapak Tri Cahyo. Dalam pertemuan tadi kami sharing mengenai Sahabat SIGNAL atau yang bisa di sebut dengan Samsat Digital Nasional.

SIGNAL adalah Aplikasi Samsat Digital Nasional yang dapat memudahkan masyarakat Indonesia melakukan Pengesahan STNK Tahunan, Pembayaran Pajak Kendaran Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) secara daring dengan terbitnya dokumen digital berupa E-Pengesahan (POLRI) , E-TBPKP (Bapenda Provinsi) dan E-KD (PT. Jasa Raharja).

SIGNAL – Samsat Digital Nasional adalah APLIKASI RESMI yang berada di bawah naungan dan asistensi dari Pembina Samsat Tingkat Nasional yakni POLRI, Kementerian Dalam Negeri RI dan PT Jasa Raharja yang didukung oleh PT. Bomba Pasifik Indonesia sebagai Pihak Pengembang (developer) Platform Digital.

Dengan adanya Samsat Digital Nasional ini, anda tidak perlu lagi datang ke kantor samsat, cukup daftarkan diri dan data kepemilikan kendaraan anda (kepemilikan perorangan/bukan badan hukum), maka pengesahan STNK tahunan anda akan diproses hanya dalam waktu beberapa menit saja, tanpa perlu antri atau menunggu. Semua dapat anda lakukan hanya melalui smartphone, karena layanan SIGNAL adalah ONE STOP SERVICE.

Sumber : Dewitri Indonesia – DETRINDO

Secara digital aplikasi ini memanfaatkan pangkalan data (database), kendaraan bermotor (ranmor) yang dimiliki Polri, pangkalan data induk kependudukan yang ada pada Dirjen Dukcapil Kemendagri dan sistem informasi pajak kendaraan bermotor yang dikelola oleh tiap-tiap Bapenda Provinsi.

Hal ini di integrasikan secara nasional sebagai sebuah sistem kecerdasan buatan (Artificial Inteligence atau AI) menggunakan aplikasi berjenis mobile platform untuk menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat secara digital sekaligus mengakomodir kepentingan berbagai pihak yang terkait (Bapenda, Jasa Raharja dan Bank Pembangunan Daerah) tanpa mengabaikan fungsi pengawasan regident kepemilikan kendaraan yang menjadi salah tugas utama Polri.

Sistem pada aplikasi Signal memungkinkan untuk dilakukannya verifikasi identitas pemilik ranmor dengan melakukan pencocokan wajah (face matching) pemilik kendaraan bermotor sesuai dengan data KTP elektronik di Kemendagri.

Sumber : Dewitri Indonesia – DETRINDO

Pihak kepolisian membuat layanan baru untuk mempermudah langkah masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor tahun 2021. Aplikasi tersebut disebut sebagai Samsat Digital Nasional (SIGNAL) yang baru dirilis pada September 2021.

Berkat aplikasi SIGNAL ini, proses pembayaran dari pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan secara lebih mudah. Bahkan proses pembayaran pajak kendaraan tak perlu lagi ribet membawa berbagai dokumen penting seperti KTP, STNK, , BPKB, beserta fotokopiannya. Aplikasi ini juga dibuat langsung oleh pihak Korlantas Polri sehingga dijamin aman dari tindak penipuan. Cara menggunakan alatnya juga terhitung cukup mudah. Para wajib pajak hanya tinggal melakukan langkah-langkah di bawah berikut ini:

Cara Bayar Pajak Tanpa Harus Membawa KTP, STNK , dan BPKB asli:

1. Pemohon bisa mengunduh aplikasi SIGNAL di Play Store (aplikasi ini belum tersedia untuk platform IOS)

2. Setelah diinstall, klik daftar apabila pemohon belum pernah melakukan registrasi

3. Masukkan data-data pribadi Anda seperti NIK, nama sesuai KTP, alamat email yang bisa dituju, nomor handphone, dan kata sandi beserta konfirmasinya

4.Masukkan foto KTP

5. Lakukan verifikasi biometric wajah dengan melakukan swafoto (selfie)

6. Masukan OTP yang dikirim dari SMS

7. Registrasi telah berhasil sampai di sini

8. Verifikasi ulang dengan mengklik link yang dikirimkan oleh SIGNAL ke email yang telah ditulis saat registrasi.

Jadi Untuk info lebih jelas juga bisa langsung hubungi sosial media Samsat Digital Nasional dan langsung konsultasi dengan pihak Samsatnya langsung. Jangan lupa juga untuk melihat berita update lainnya dari DETRINDO di instagram @dewitri.indonesia_detrindo. Terimakasih🙏🏻😊