Dewi Adikara’s Studio

Make Up Your Produk or Service at Dewi Adikara’s Studio! Dapatkan kepercayaan dari customer dengan produk kita yang terjamin kualitas dan mutunya

Perubahan dan Perkembangan Organisasi

Perubahan tidak dapat dielakkan dalam kehidupan manusia, terutama adanya perubahan pendidikan, teknologi informasi dan juga komunikasi. Diawali pada dunia bisnis yang lebih dahulu melakukannya, bahwa begitu penting perubahan bagi peningkatan kualitas produk, distribusi, iklan, proses, ranah lingkungan sampai pada hasil serta pada administrasi.

Berbagai upaya dan strategi pendekatan telah dilakukan untuk memecahkan persoalan–persoalan yang muncul akibat adanya perubahan pendidikan, culture,  teknologi informasi maupun komunikasi, terutama dampak dari perubahan revolusi industri 4.0 pada era digitalisasi generasi mellineal saat ini.

Perubahan suatu organisasi memerlukan perpetual transition management, yaitu suatu kerangka kerja manajemen transisi yang akan memberikan sejumlah pemahaman tentang apa yang memicu tantangan kedepan yang sangat tinggi dan ketat dalam persaingan industri pada generasi Y ini.

Adanya perubahan–perubahan di dalam organisasi serta bagaimana organisasi tersebut bereaksi terhadapnya. Konsekuensi dari perubahan organisasi adalah penerapannya memerlukan waktu dan biaya. Resiko bisa saja muncul ketika penerapannya sedang berjalan, seperti adanya perubahan tanggung jawab, resistensi karyawan, perlunya keselarasan perubahan dengan budaya, perilaku, lingkungan serta komunikasi mengenai perubahan tersebut.

Pengelolaan SDM menjadi bagian yang strategis dan menentukan. Organisasi dan perilaku pegawai merupakan satu kesatuan yang memiliki hubungan dan harus seimbang. Pegawai harus dikelola dalam kerangka alur kepentingan organisasi, disisi lain kegiatan organisasi harus dapat memperhatikan kepentingan dan kebutuhan yang diharapkan karyawan.

Persyaratan kinerja baru harus dinyatakan dengan jelas dan di pahami oleh semua anggota dalam organisasi sehingga mereka mampu melakukan perubahan perilaku sekaligus mengubah strategi dalam melakukan bisnis lebih maju, mampu, beradaptif dan perspektif, tentunya perubahan ini secara luas harus selaras dengan tujuan organisasi. Sehingga para manajer perlu melakukan pembinaan untuk suatu perubahan yang konstruktif pada seluruh anggota dalam organisasi.

Perubahan organisasi merupakan tindakan beralihnya sesuatu organisasi dari kondisi yang berlaku saat ini menuju ke kondisi masa yang akan datang menurut yang diinginkan guna meningkatkan efektivitasnya (Winardi: 2010).

Perubahan selalu terjadi, seperti adanya perubahan budaya, teknologi, komunikasi kualitas SDM maupun kompetensi yang di kuasai selalu meningkat sesuai dengan perubahan. Begitu pula halnya dengan organisasi–organisasi lainnya hanya dapat bertahan jika dapat melakukan perubahan. Setiap perubahan lingkungan yang terjadi harus dicermati dan di dalami bahwa suatu organisasi tergantung sejauh mana organisasi dapat berubah serta beradaptif dilengkapi dengan menyusun solutifnya dengan perubahan tersebut.

Saat ini pun dunia sedang mengalami pandemi covid19, lalu siapkah teman-teman menghadapi perubahan besar-besaran baik dari segi pendidikan, organisasi dan bisnis?

Kita harus siap, dan segera bertindak.

Salam,

Dewi Adikara

Daftar pustaka:

Winardi .2010. Motivasi, Permotivasian dan Manajemen. Edisi kesatu. Cetakan Kesatu: PT Raja Grasindo Persada, Jakarta.