Dewi Adikara’s Studio

Make Up Your Produk or Service at Dewi Adikara’s Studio! Dapatkan kepercayaan dari customer dengan produk kita yang terjamin kualitas dan mutunya

SHALAT DHUHA

Banyak orang yang belum tahu, apa akibat yang akan mereka rasakan bila rajin shalat dhuha.

Ada beberapa keutamaan, ketika kita istiqamah menjalankan shalat dhuha. Mau tahu apa saja? Lanjut baca tulisan di bawah ini yaa.

Pertama, orang yang shalat dhuha akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah.

“Barang siapa yang selalu mengerjakan shalat dhuha, niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” (H.R. Turmudzi)

Kedua, bagi siapa saja yang menunaikan shalat dhuha, ia tergolong sebagai orang yang bertaubat kepada Alah.

“Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat.” (HR. Hakim).

Baca juga: Shalat dan Manfaatnya

Ketiga, orang yang menunaikan shalat dhuha, akan dicatat sebagai ahli ibadah dan taat kepada Allah. Sebagaimana hadits berikut.

“Barang siapa yang shalat dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barang siapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barang siapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barang siapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barang siapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

Keempat, orang yang istiqamah melaksanakan shalat dhuha, kelak ia akan masuk surga lewat pintu khusus, pintu dhuha yang disediakan oleh Allah. Berijut hadist yang menyatakannya.

“Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu dhuha. Apabila kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, ‘Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala.” (HR. At-Thabrani).

Kelima, Allah menyukupkan rezekinya. “Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu.” (HR. Abu Darda`).

Baca juga: Hikmah Dibalik Wabah

Dan yang terakhir, keenam, bagi orang yang mengerjakan shalat dhuha ia telah mengeluarkan sedekah. “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat dhuha.” (HR Muslim).

Nah, gimana? Setelah baca tulisan di atas, masih punya alasan untuk melewatkan shalat dhuha?

Shalat dhuha mempunyai kedudukan mulia. Disunnahkan untuk kita kerjakan sejak terbitnya matahari sampai menjelang datangnya shalat dzuhur.

Yuk! Semangat shalat dhuha.

Semoga bermanfaat … aamiin.

Sidoarjo, 15 Mei 2020