Dewi Adikara’s Studio

Make Up Your Produk or Service at Dewi Adikara’s Studio! Dapatkan kepercayaan dari customer dengan produk kita yang terjamin kualitas dan mutunya

Tanya Veronika Asisten Virtual saja yuk! Semudah itu loh sekarang layanan Telkomsel. Mendengar kata Telkomsel pasti banyak bertebaran berbagai layanan dan produknya. Kita flashback beberapa diantaranya yuk! Inget zaman masih muda dulu lah *ketahuan deh saya sudah umur berapa heheheh ….

Mengenal lebih dekat dengan PT. TELKOMSEL

PT. Telkomsel sudah berdiri sejak 26 Mei 1995, dengan visi menjadi penyedia layanan dan solusi gaya hidup digital mobile kelas dunia yang terpercaya. Di tahun yang sama, PT. Telkomsel juga meluncurkan kartu perdana pasca bayar, kartu Halo. Dan selang dua tahun kemudian, menjadi yang pertama di Asia yang meluncurkan kartu prabayar, simPATI.

Kian tahun, perjalanan Telkomsel terus meningkat. Hingga saat saya baru masuk kuliah di tahun 2004, diluncurkannya lah kartu prabayar yang kedua, Kartu AS.

TELKOMSEL

Tahukah teman-teman? Telkomsel adalah salah satu kartu perdana dengan pengguna internet terbesar di Indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, pada tanggal 2-25 Juni 2020 dengan total 7000 koresponden. Ada sebanyak 45,1 persen pengguna internet pada ponsel yang menggunakan operator Telkomsel. Wuiiih … hampir 50 persen ya?

Iya dong. Telkomsel …. temen-temen yang masih belum tahu produk Telkomsel apa aja. Lanjut baca terus yaa.

LAYANAN KARTU AS

Produk Telkomsel sebenernya terbagi jadi du, yaitu kartu perdana pra dan pasca bayar. Salah satu produk prabayarnya adalah Kartu AS.

Nah, Kartu AS ini oleh Telkomsel sengaja diluncurkan khusus untuk kalangan menengah. Terutama kalangan pelajar. Tahu sendiri kan, kalau sumber dana kaum pelajar itu terbatas. Karena itu, tarif SMS, telepon maupun paket internetnya terbilang sangat murah dan terjangkau.
https://www.sepulsa.com/blog/mengenal-kartu-perdana-telkomsel

CS SIMPATI LOOP

Satu lagi, simPATI LOOP juga termasuk produk Telkomsel lho. Sebelum berubah menjadi simPATI LOOP, perdana satu ini sudah lebih dulu dikenal dengan perdana LOOP.

Tak berbeda dengan kartu AS, yang juga termasuk golongan prabayar dengan tipe GSM. Dengan taglinenya “Ini Kita!”, simPATI LOOP dirancang untuk kaum muda-mudi dengan desainnya yang unik.

Selain desainnya yang ala ala anak muda, harganya pun terjangkau untuk anak-anak muda maupun kalangan mengenah ke bawah. Beneran deh! Mulai dari Rp. 5.000,- doing, sudah dapet pulsa goceng yang berlaku sampai 30 hari ke depan. Oke kan?

Paket internetnya? Jangan ditanya … sama murahnya! (>.<)

NOMOR PUSAT LAYANAN TELKOMSEL

Temen-temen kalau bingung, layanan Kartu AS itu apaan. Atau CS simPATI LOOP itu apa. Jawabannya simpel sih. Itu adalah Call Center atau Customer Service Telkomsel. Baik Kartu AS, simPATI LOOP, atau yang lainnya, memiliki nomor layanan pusat yang sama.

Jika temen-temen punya keluhan atau kritik dan saran, bisa kok langsung menghubungi ketiga nomor pusat layanan Telkomsel berikut ini. Pilih salah satu yaa.

  1. Call Center Umum
    Call Center umum atau 188, dikhususkan bagi pelanggan kartu prabayar (untuk Kartu AS, simPATI dan LOOP) dan pasca bayar (untuk KartuHalo). Akan tetapi,hanya untuk pelanggan kartu pasca bayar saja yang bebas tarif. Sedangkan untuk pelanggan kartu prabayar, ada tarif Rp. 300,- per panggilan.
  2. Dalam Negeri
    Call Center dengan nomor 0807 1811 811 ini, bisa digunakan dan dihubungi oleh siapa saja. Baik melalui telepon rumah, kantor, bahkan nomor selain dari kartu Telkomsel. Akan tetapi, untuk tarif panggilan akan dikenai biaya telepon lokal.

Oh ya, perlu diingat, kalau nomor tersebut hanya berlaku untuk panggilan dalam negeri.

3. Luar Negeri
Untuk temen-temen pengguna Telkomsel yang ada di luar negeri, nggak usah risau yaa. Karena khusus area luar negeri, bisa menghubungi operator Telkomsel ke nomor +62811 0000 333.

Tarifnya?

Gratis tis tis! Tapi hanya untuk pengguna yang ada di luar negeri yaa ….

Tsel MENU

Tsel menu itu menu bawaan dari kartu Telkomsel di Setelan atau Setting ponsel. Kalau nggak ada di Setelan biasanya muncul ikon dengan nama T-Sel Menu di halaman utama ponsel. Nah, dasarnya Tsel menu di setiap ponsel itu beda-beda ya. Tapi kurang lebih, menunya sama saja.

Buat yang belum tahu, di Tsel menu kita bisa registasi kartu yang baru kita beli (kartu belum terdaftar) di sana. Selain itu, kita juga bisa transfer pulsa ke sesama pengguna Telkomsel.

Ada juga layanan NSP 1212. Kalau setiap kita telepon dengan sanak saudara atau doi, sebelum panggilan tersambung pasti terdengar nada “Tut … tut … tut ….” Kadang sebel nggak sih, kalau denger nadanya?

Kalau sebel, temen-temen bisa mengaktifkan dan berlangganan nada sambung, melalui menu NSP 1212. Tentunya, layanan ini berbayar.

ANTRIAN ONLINE GRAPARI

Pernah nggak sih, pas dateng ke gerai Telkomsel, antrian sudah mengular bahkan menggerombol. Padahal lagi pandemi gini, masih ada aja yang abai dengan protokol kesehatan. Alamaak ….

Tenang … sekarang kan sudah bisa ngantri secara online. Jadi, daripada dobel sebel sendiri, mending booking antrian online GraPARI yuk! Gini nih, kalau mau booking.

Pertama, buka aplikasi My Telkomsel. Kalau belum punya, bisa download dan install dulu ya.

Kedua, setelah berhasil daftar, klik Jelajah di bagian bawah. Cari dan klik Reservasi Jadwal. Sebelum lanjut, pastikan status lokasi atau GPS temen-temen sudah aktif.

Nah, yang ketiga, tunggu sebentar. Aplikasi akan mencari lokasi gerai GraPARI terdekat, secara otomatis.

Keempat, pilih gerai GraPARI yang dekat dengan lokasi tempat tinggal teman-teman ya. Setelah itu, pilih Tipe Layanan. Pilih salah satu yang dibutuhkan. Tentukan juga jam layanan, dan klik Ok. Jika berhasil, nanti akan muncul Reservasi Sukses beserta nomer reservasi. Pastikan dan cek lagi waktu bookingnya sebelum klik Lanjut Ke Pemesanan Saya. Selanjutnya, barcode dan nomor reservasi akan muncul.

Dan … voila! Reservasi antrian online GraPARI temen-temen pun selesai.

Nah, barcode tadi yang akan kita gunakan untuk check in di gerai, melalui mesin antrian. Anyway, nggak cuma itu. Setelah reservasi berhasil, kita juga akan menerima pesan singkat mengenai informasi hasilnya. Terus, kita juga bakal diingetin saat akan giliran antrian.

Asik apa asik banget?

TELKOMSEL UNLIMITED

Telkomsel terus berupaya untuk semakin memanjakan penggunanya dan memperluas jaringan sampai ke pelosok negeri. Jika temen-temen sebelumnya butuh waktu yang cukup lama saat mendownload. Dengan hadirnya jaringan 4G Telkomsel, prosesnya jadi lebih cepat. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Telkomsel

Betewe, udah pada tahu belum, apa aja pilihan paket internet Telkomsel unlimited? Ada apa aja sih? Yuk, simak satu ini.

  1. Paket 8 Gb
    Paket kuota seharga 59 ribu rupiah ini, terbagi menjadi paket 8 G dan MDS. Dengan masa aktif selama 30 hari.
  2. Paket 10 Gb
    Paket internet 10 Gb ini memiliki masa aktif yang paling panjang, jika dibandingkan dengan lainnya, yaitu selama 60 hari. Paket yang dihargai Rp. 59.000,- ini, untuk pembelian keduanya masa aktif menjadi 30 hari.
  3. Paket 12 GB
    Kuota internet ini dibagi menjadi paket flash 500 Mb, data lokal 1,5 Gb, dan 10 Gb kuota videomax. Untuk harga, paket ini dibanderol sebesar Rp. 65.000,-.
  4. Paket 30 Gb
    Paket kuota terbesar dengan harga 70 ribu rupiah ini, juga dibagi menjadi paket flash 500 Mb, data lokal 1,5 Gb 4G sebesar 5 Gb, kuota midnight (00.00-07.00) 13 Gb dan kuota videomax sebesar 10 Gb. Plus, pulsa sebesar 20 ribu rupiah.

Nah, untuk temen-temen yang nggak suka kouta terbagi-bagi, bisa mencoba menggunakan kartu perdana simPATI LOOP.

Kartu perdana atau pun paket internet Telkomsel, bisa temen-temen dapatkan di konter-konter atau Mini GraPARI langsung.

Mini GraPARI?

Jadi, Mini GraPARI itu salah satu layanan Telkomsel, dimana menyediakan produk lengkap Telkomsel. Plus, pelayanannya.
https://arenalte.com/berita/industri/beri-kemudahan-layanan-pelanggan-telkomsel-buka-mini-grapari-di-bekasi/

TELKOMSEL ORBIT

Telkomsel Orbit? Apaan tuh?

Hihihi … Telkomsel orbit itu Home Wireless Internet dengan jaringan 4G. Dibuat secara khusus, agar koneksi internet selalu stabil untuk menemani temen-temen yang lagi di rumah aja. Jadi, meski nggak kemana-mana temen-temen tetep bisa produktif.

Jaringan Telkomsel orbit memang masih di beberapa kota, dan belum mencakup seluruh wilayah Indonesia. Tapi, pihak Telkomsel masih terus menambah jaringan di kota yang belum tercakup.

Dan sejak Juli 2020, saat diluncurkannya Telkomsel orbit, sudah menjangkau lima puluh kota dan memiliki 10 ribu pelanggan dari seluruh Indonesia. Keren kan?

GERAI GRAPARI YANG BUKA SAAT CORONA

Sebelum pandemi, gerai GraPARI buka selama 24 jam penuh. Sayangnya, saat ini Telkomsel tidak bisa membuka gerai GraPARI 24 jam. Karena penerapan PSBB di beberapa wilayah. Sehingga, gerai GraPARI hanya akan buka dari pukul 08.00 hingga 20.00.

Meski gerai tidak buka 24 jam, temen-temen tetep bisa mengunjungi gerai GraPARI yang buka saat Corona.

Iya, di tengah pandemi seperti saat ini ada baiknya tetap di rumah saja. Keluar rumah saat memang ada keperluan yang mendesak. Tapi, demi pegguna setia, Telkomsel tetap membuka seluruh gerai GraPARI. Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pastikan juga saat datang ke gerai, temen-temen menerapkan 3M dengan benar.

GRAPARI ONLINE TELKOMSEL

Ah, ribet kalau musti dateng ke gerai. Kan lagi disuruh diem di rumah. Emang, nggak ada gitu yang online?

Tentu ada dong! GraPARI online Telkomsel merupakan layanan pelanggan yang berjalan via aplikasi perpesanan. Namanya Veronika, si asisten virtual dari Telkomsel yang siap menjawab dan memberi informasi seputar Telkomsel.

TELKOMSEL DI RUMAH AJA

Sudah memasuki tahun 2021, tapi pandemi masih belum usai juga. Bahkan, di beberapa wilayah, dimana kasus terpapar mulai menurun. Dari yang sebelumnya sudah di zona aman, kembali ke zona orange bahkan merah.

Demi mengurangi penyebaran, pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM. Dan demi menemani teman-teman yang stay at home, Telkomsel di rumah aja, hadir menemani.

Nih ya, temen-temen bisa bicara dengan operator Telkomsel.

Caranya?

TELKOMSEL VIRTUAL ASSISTANT

Virtual assistant sudah lama diluncurkan oleh Telkomsel, sejak 24 Agustus 2007 tepatnya. Layanan ini diberi nama Veronika. Jadi, Telkomsel Veronika adalah layanan pelanggan yang berbasis AI (artificial inteligence) atau kecerdasan buatan.

Veronika dirancang sedemikian rupa, sehingga memudahkan dan memungkinkan untuk berbicara dua arah dengan pelanggan. Jadi, pelanggan aka mendapat informasi yang dibutuhkan secara tepat dan akurat.

CARA MENGAKSES VERONIKA

Temen-temen bisa berbicara dengan Veronika dengan beberapa pilihan perantaranya. Pertama, bisa melalui aplikasi My Telkomsel. Setelah masuk aplikasi, klik Menu di kolom bagian bawah. Pilih Help Center, lalu tekan Chat with Veronika. Dari sini, temen-temen akan terhubung ke halaman chat untuk memulai percakapan. Sebagai awal, sapa Veronika dengan mengetik “Halo”. Selanjutnya, Veronika akan balas menyapa dan memberikan kata kunci yang digunakan untuk obralan.

Kedua, bisa dengan mengaksel melalui situs resmi Telkomsel. Di bagian bawah pojok kanan, ada lingkaran merah dengan gambar perempuan berbaju merah di tengah. Dengan mengklik gambar tersebut, akan muncul halaman chat dan disambut Veronika. Tinggal mengikuti langkah-langkah yang diberikan, temen-temen bisa memulai chat.

Mau download aplikasi My Telkomsel, tapi masih pakai ponsel kentang? Atau ribet kalau harus nyari-nyari website resmi?

Tenang … temen-temen bisa bicara dengan operator Telkomsel dengan perantara yang ketiga ini, via WhatsApp. Nomornya Veronika cantik kok, gampang diinget. Langsung sapa “Halo” Veronika di nomor ini 0811-1111-1111. Mau tanya soal tagihan yang belum terbayar, batas akhir tenggat sampai batas penggunaan (untuk pelanggan pasca bayar)? Pasti dibalas dan dijawab kok sama Veronika.

Keempat, meski pengguna di Indonesia untuk aplikasi perpesanan satu ini masih belum banyak. Tapi, Veronika juga hadir di sana. Yup! Temen-temen juga bisa menghubungi layanan AI ini via Telegram. Tinggal cari akun Telkomsel Care, @telkomsel_official_bot, di pencarian. Untuk memulai percakapan, ketik saja Start dan ikuti langkah-langkah yang diberikan.

Kelima, akun @Telkomsel di aplikasi perpesanan LINE, juga termasuk salah satu layanan pelanggan dari Telkomsel. Caranya, tinggal sapa “Halo” atau “Hai” pada kolom chat, dan Veronika akan membalas chat temen-temen. Terakhir, layanan virtual ini juga ada di Facebook Messenger. Sama seperti aplikasi perpesanan lainnya, temen-temen bisa memulai obrolan dengan Veronika dengan cara yang sama.

TELKOMSEL INDONESIA OFFICE ADDRESS

Sebelumnya, temen-temen tahu nggak sih, alamatnya Telkomsel pusat? Buat yang belum tahu, alamat kantor pusat Telkomsel ada di Telkomsel Smart Office, Telkom Landmark Tower, Jalan Jendral Gatot Subroto Kavling 52, Jakarta Selatan, Kode Pos 12710.

Referensi:

https://www.infodantips.com/2019/10/nomor-pusat-layanan-telkomsel.html?m=1

https://kuotamedia.net/tips/internet/paket-internet-telkomsel-4g-unlimited-paling-murah/

https://www.graparibanjarbaru.com/2019/07/hari-gini-masih-ngantri-di-grapari-cari.html?m=1



https://id.wikipedia.org/wiki/Telkomsel

https://techbiz.id/2020/09/apa-itu-telkomsel-orbit/
https://www.telkomsel.com/about-us

https://id.wikipedia.org/wiki/Telkomsel

https://nsp.telkomsel.com/syaratdanketentuan

https://www.telkomsel.com/about-us/blogs/cara-mengakses-veronika-layanan-asisten-virtual-telkomsel

https://www.telkomsel.com/telkomsel-orbit

https://infokomputer.grid.id/read/122339003/nih-jam-operasional-grapari-telkomsel-selama-psbb-total-jakarta?page=all